Posted by : Unknown Jumat, 21 April 2017



1.       Pertama tama buka virtualboxnya lalu buat nama, type linux, dan versionnya debian 32bit/64bit, lalu tekan next

2.       Dan disini memory sizenya, saya menggunakan 384MB

3.       Disini langsung pilih create saja

4.       Langsung tekan next saja

5.       Pilih next saja

6.       Lalu pilih create untuk menanjutkan installannya

7.       Jika sudah, piih setting/pengaturan, disini saya akan memasukan CD1 debian-7.8

8.       Kalau sudah saya klik network dan attached to saya pilih host only adapater. setelah itu tekan ok

9.       Kemudian tampilan akan seperti ini, tekan enter untuk melanjutkan penginstallan

10.   Disini pemilihan bahasa, saya memilih english. kemudian tekan enter

11.   tampilan akan menjadi sseperti ini. itu menanyai lokasinya ada dimana, saya memilih other

12.   Kemudian saya pilih Asia

13.   Dan saya memilih Indonesia

14.   Kemudian tekan enter

15.   Configure the keyboard saya memilih American English

16.   Setelah itu tampilan akan menjadi seperti ini,tunggu ...


17.   Dibagian ini saya pilih yes, lalu tekan enter

18. Disini name server addressnya, terserah mau dikasih nama apa, tekan enter

19.  Kalau sudah diisi juga hostnamenya, tekan enter

20. Lalu isi juga domainnya, kemudian tekan enter

21. Kemudian diberi password

22. Ulang password yang tadi

23. Isi juga full name for the new user,  kemudian tekan enter

24. Isi nama bagian ini, lalu tekan enter

25. Member password untuk user baru

26. Ulangi password user baru

27. Ditampilan ini, memilih kota,karena saya ada di Jakarta saya memilih western, lalu tekan enter

28. Partition disk saya memilih yang paling atas, tekan enter untuk melanjutkannya

29. Tekan enter

30. Tekan enter lagi

31. Setelah itu finish, dan tekan enter

32. Dibagian sini saya memilih no

33. Disini juga no, karena saya tidak memasukan cd lain

34. Disini saya juga memilih no, karena selama installan tadi tidak ada screen red

35. Saya memilih yes

36. Yang saya bintangi hanya yang Standart System Utilities

37.  Saya memilih yes

38. Tekan enter untuk countinue

39. Akan masuk login, tekan root dan masukan password yang tadi, kemudian tekan nano /etc/network/interfaces

40. Kemudian isi seperti yang dikasih kotak merah, setelah itu restart interfaces dengan mengetik /etc/init.d/networking restart kalau sudah direstart dan ada bacaan ok kemudian install sambanya dengan mengetik apt-get install samba seperti gambar dibawah ini

41. Jika sudah, tampilan akan seperti dibawah ini, tekan y. kemudian masukkan cd1 yang tadi diawal penginstallan

42. Setelah sudah, ketik seperti gambar dibawah ini

43. Setelah itu tampilan screen akan seperti ini

44. Pada gambar diatas, pilih yang paling bawah, dan ketik seperti gambar dibawah ini, kemudian restart

45. Kemudian atur IPv4 di windows

46. Tampilan IPv4 di windows akan seperti ini, kemudian isi sesuai IP kalian

47. Kemudian PING IP kalian di linux, seperti gambar dibawah ini

48. Di windows tekan win+R dan isi sesuai ip kalian dan menggunakan tanda \\

49. Tampilan akan menjadi seperti ini

50. lalu kita ubah lagi dengan mengetik seperti gambar dibawah ini

51. Security diganti dengan guest, lalu save dengan menekan ctrl+x y, kemudian restart lagi sambanya

52. Lalu beri user dan password

53. Kemudian sepeti biasa tekan win+R masukan IP beserta \\ dan tampilan akan seperti ini, dan pilih secure lalu akan dimintai user dan password


Terima Kasih. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Welcome to My Blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -